Jumat, 02 Oktober 2009

Business Transformation Through Knowledge Management - M7073 - Strategic Management Individual Paper - Topic #45

Dalam dinamika dunia bisnis - dimana tidak ada kondisi yang bersifat stagnan - perubahan atau transformasi organisasi menjadi suatu keharusan bagi organisasi untuk mampu mengahadapi permasalahan yang ada dan mengelola kesempatan yang diidentifikasikannya. Perubahan dapat terjadi karena berbagai sebab, baik itu secara inisiatif maupun sebagai reaksi atas lingkungan sekitarnya. Perubahan bisa membawa organisasi ke arah yang lebih baik. Namun pada sisi yang lain, apabila tidak dikelola dan dipersiapkan dengan baik, memiliki potensi untuk gagal.

Perubahan pada organisasi mempengaruhi berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, terutama sumber daya manusia. Dimana SDM yang ada memiliki dan mengelola knowledge yang dibutuhkan serta yang telah dimiliki oleh organisasi. Menurut Peter Drucker (Post Capitalist Society, 1995), perkembangan zaman telah membawa persaingan ke bentuk dimana sumber daya ekonomi terpenting tidak lagi terletak pada modal, sumber daya alam maupun tenaga kerja. Tetapi mengarah kepada knowledge dan peranan penting dari knowledge workers yang terlibat di dalamnya.

Pembahasan "Transformation through Knowledge Management" beserta 4 kasus nyata dunia bisnis pada Paper berikut ini, diharapkan bisa memberikan gambaran mengenai bagaimana proses transformasi berdampak terhadap knowledge yang ada pada organisasi, peranan knowledge untuk memungkinkan terjadinya transformasi, pengeolaan pasca transformasi dan kesempatan yang muncul karena keterlibatan knowledge dalam transformasi.

Kasus-kasus dengan cakupan industri pertambangan, pertahanan dan bioteknolgi ini sangat menarik untuk disimak lebih lanjut. Masukan, kritik dan saran sangat diharapkan untuk memampukan knowledge yang ada untuk dapat menyebar, diperbaharui dan diuji validitasnya.


Cheers,


--RBP--


Furhter Read


KM Individual Paper - Topic 45 - Updated


Tidak ada komentar:

Posting Komentar